Manajemen Gangguan Psikosomatik Sindrom Pasca Covid-19

SEGERA TERBIT

Manajemen Gangguan Psikosomatik Sindrom Pasca Covid-19

Prkiraan Harga jual : Rp. 36.000

TIM Penulis

KETUA
Dr. dr. Hamzah Shatri, SpPD, K.Psi, M.Epid
ANGGOTA
dr. Rudi Putranto, SpPD, K.Psi, MPH
dr. Edward Faisal, SpPD
dr. Vinandia Irvianita, SpPD
dr. Irman Firmansyah, SpPD
dr. Dika Iyona Sinulingga, SpPD
dr. Yanuar Ardani, SpPD
Murti Samudji
Tini Rohmani
Peserta Program Prodi Sp1 dan Sp2 IPD FKUI

Melalui buku ini, kami berharap masyarakat memiliki pemahaman yang lebih baik dalam tatalaksana gangguan psikosomatik Sindrom Pasca Covid-19, mengingat walaupun pandemi sudah hampir berakhir, tetapi efek jangka panjang Covid-19 masih kita dapati. Dampak kesehatan jangka panjang karena Covid-19 sangat erat kaitannya dengan gangguan psikosomatik.

Saat ini, ada berbagai bukti yang menunjukkan bahwa penyakit Covid-19 yang disebabkan oleh Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS CoV-2) dapat memiliki konsekuensi kesehatan jangka panjang yang serius. Sindrom Pasca Covid-19 atau Long Covid-19 Syndrome atau Long Haul Covid-19, digambarkan sebagai entitas klinis untuk pertama kalinya pada musim semi 2020, ketika pasien Covid-19 masih memiliki gejala beberapa minggu setelah infeksi akut.

Angka kejadian Covid-19 di Pandeglang juga termasuk cukup tinggi. Berdasarkan sumber data Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang per 14 Februari 2002, kasus konfirmasi sebanyak 6.769 orang, 6.004 selesai dirawat/ sembuh, 506 masih isolasi/ dirawat, dan 259 meninggal. Kasus probable sebanyak 12 orang meninggal. Insiden Sindrom Pasca Covid-19 berkisar 10-35%, sementara untuk pasien yang dirawat inap mencapai 85%. Oleh karena itu, diperkirakan dengan data ini maka kasus Sindrom Pasca Covid-19 di Pandeglang pun tinggi, dan hal ini akan mengganggu produktivitas masyarakat di Pandeglang,

Manajemen gangguan psikosomatik Sindrom Pasca Covid-19 ini dijelaskan oleh Dr. dr. Hamzah Shatri, SpPD, KPsi, MEpid yang merupakan Ketua Divisi Psikosomatik dan Paliatif, KSM/ Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM, yang juga akan diiringi dengan diskusi interaktif oleh Tim Psikosomatik Paliatif FKUI/RSCM.

Buku – Buku UI Publishing dapat di peroleh Gramedia dan toko toko buku lainnya

dapat pula di beli secara online di berbagai market place

Keterangan lebih lanjut mengenai buku dan penerbitan buku ber ISBN di UI Publishing dapat menghubungi UI Publishing di

email : desain@uipublishing.com

WA : 0818436500

Untuk menghubungi via WA dapat langsung klik link dibawah ini

wa.me/62818436500

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *