CELOTEH KEBIJAKAN Kumpulan Pemikiran untuk Pembangunan Indonesia

SEGERA TERBIT

CELOTEH KEBIJAKAN
Kumpulan Pemikiran untuk Pembangunan Indonesia

Penulis:


Fithra Faisal Hastiadi
Grady Nagara
Kata Pengantar:
Prof. Dr. Eko Prasojo (Guru Besar FIA UI)

Perkiraan Harga : Rp. 198.000

Kumpulan esai dalam buku ini adalah rangkaian opini penulis ketika menanggapi pelbagai persoalan publik–terutama berkaitan dengan public policy–yang cukup mengusik.

Tentu saja penulis tidak sedang janjian untuk menuliskan tema-tema tertentu sehingga nantinya akan dikumpulkan menjadi buku. Bahkan, ide mengumpulkan esai-esai yang berserakan untuk kemudian dijadikan buku saja hadirnya belakangan. Masing-masing dari penulis menuliskan begitu saja setiap isu yang menarik perhatian. Ada esai yang begitu serius, tetapi ada juga yang ditaburi “bumbu-bumbu” berupa ungkapan puitis, pengalaman pribadi, satire, bahkan marah-marah. Keberadaan “bumbu-bumbu” tersebut biasanya bergantung pada suasana hati penulis ketika menuliskannya. Tujuan penulis menaburi “bumbu-bumbu” tersebut agar pembaca tidak merasakan bosan. Karena bagaimanapun, konten dari buku ini hampir semuanya menunjuk hidung pemerintah sebagai produsen kebijakan publik.

Jika menggunakan kacamata sekarang, mungkin sebagian esai dalam buku ini ada yang sudah tidak update lagi, meski tentu saja masih sangat penting untuk dikulik. Itulah mengapa penulis membubuhkan tanggal dan lokasi terbit (meskipun tidak semua) di setiap judul oleh karena esai-esai itu–sebagian besar–telah dimuat di media massa sebelumnya. Esai-esai tersebut tersebar di berbagai media massa seperti Republika, Media Indonesia, Bisnis Indonesia, Kontan, Detik.com, Katadata. co.id, Kumparan.com, hingga Kompas.com.

Kumpulan esai ini pada gilirannya menjadi catatan penting untuk merefleksikan masa kini dan memproyeksikan masa depan. Apakah ada kesalahan yang terulang atau memang sudah ada perbaikan. Buku ini hadir dalam konteks semacam itu.

Guna mendokumentasikan dengan apik atas gagasan-gagasan yang telah tertuang, penulis mengklasterisasi esai-esai tersebut ke dalam beberapa tema besar. Pembaca dapat menikmatinya secara acak dengan hanya membaca esai-esai tertentu atau keseluruhannya. Pembaca mungkin akan melihat kesan adanya perbedaan perspektif dalam esai yang ditulis Fithra maupun Grady. Seperti yang telah penulis sebut di muka, selain tidak sedang janjian; masing-masing esai ini merefleksikan pengalaman, pengetahuan, dan cara pandang melihat masalah yang begitu berbeda dari penulisnya. Agar pembaca dapat menimbang mana saja esai yang ingin dikonsumsi, melalui prolog ini penulis melakukan overview terhadap bagian-bagian dalam buku ini. Terdapat 15 bagian yang telah penulis klasterisasi.

Buku – Buku UI Publishing dapat di peroleh Gramedia dan toko toko buku lainnya

dapat pula di beli secara online di berbagai market place

Keterangan lebih lanjut mengenai buku dan penerbitan buku ber ISBN di UI Publishing dapat menghubungi UI Publishing di

email : desain@uipublishing.com

WA : 0818436500

Untuk menghubungi via WA dapat langsung klik link dibawah ini

wa.me/62818436500

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *