Buku Ajar
HIPOMINERALISASI MOLAR INSISIF

Segera Terbit

Buku Ajar
HIPOMINERALISASI MOLAR INSISIF

Penulis : drg. Enrita Dian, Sp. IKGA
Editor : drg. Lisa R Amir, PhD
Prof. drg. Diah Ayu Maharani, PhD

Perkiraan Harga Jual : Rp. 38.000

Buku ajar ini menuntun pembaca untuk dapat mempelajari Hipomineralisasi molar-insisf (HMI). Buku ajar ini ditujukan untuk mahasiswa mahasiswi kedokteran gigi dan praktisi kedokteran gigi. Buku ini menuntun secara sistematis, apa saja yang perlu diketahui mengenai HMI. Penulis sadar dengan segala kemungkinan kekurangan dari pemaparan yang disampaikan di buku ini. Namun penulis tetap berharap bahwa buku ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca.

ipomineralisasi molar-insisif (HMI) merupakan defek kualitatif bersifat sistemik akibat gangguan proses mineralisasi email gigi yang mempengaruhi satu sampai keempat molar pertama permanen dan dapat juga melibatkan gigi insisif permanen . Defek ini biasanya asimetris pada gigi molar pertama, dan ditandai dengan adanya opasitas berbatas jelas (demarcated opacities) yang berwarna putih, kuning hingga kecoklatan. Selain adanya opasitas, gambaran klinis kelainan ini dapat berupa adanya kerusakan email pasca erupsi meninggalkan dentin yang terbuka yang disebut posteruptive enamel breakdown, adanya karies atau restorasi atipikal yang tidak mengikuti pola karies pada umumnya, adanya hipersensitif gigi serta gigi yang diekstraksi akibat HMI [1,3-6]. Defek hipomineralisasi ini juga dapat mengenai gigi sulung molar kedua yang dapat menjadi predileksi HMI pada gigi permanen

Buku ini tetap tidak cukup untuk mempelajari HMI. Disarankan untuk membaca literatur lainnya yang terkait. Penulis menyadari bahwa buku ini masih memerlukan penyempurnaan.

Buku – Buku UI Publishing dapat di peroleh Gramedia dan toko toko buku lainnya

dapat pula di beli secara online di berbagai market place

Keterangan lebih lanjut mengenai buku dan penerbitan buku ber ISBN di UI Publishing dapat menghubungi UI Publishing di

email : desain@uipublishing.com

WA : 0818436500

Untuk menghubungi via WA dapat langsung klik link dibawah ini

wa.me/62818436500

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *