Prinsip dan Konsep Pemodelan Sistem

SEGERA TERBIT

Prinsip dan Konsep Pemodelan Sistem

Penulis : Prof. Dr. Akhmad Hidayatno

Perkiraan Harga Jual : Rp. 140.000,-

Buku ini disusun dengan tujuan untuk memberikan landasan konsep dan prinsip dasar tentang bagaimana pemodelan komputer sebuah sistem sebaiknya dilakukan. Untuk itu buku ini berbeda dengan buku pemodelan lainnya yang bersifat teknis, kumpulan studi kasus atau manual penggunaan aplikasi ketika konsep dan prinsip diberikan sebagai pengantar, Sehingga buku ini tidak akan membahas aspek teknis pembuatan model, dan hanya menyentuh Pendekatan pemodelan sistem yang disentuh juga hanya dua pendekatan yang biasa digunakan untuk simulasi proses dan struktur, yaitu pemodelan sistem diskrit dan pemodelan sistem kontinu. Pemodelan lain, seperti pemodelan optimasi matematika atau riset operasional tidak dibahas dibuku ini.


Buku ini ditujukan untuk mahasiswa dan periset yang ingin menggunakan pemodelan menggunakan komputer untuk membantu proses pengambilan keputusan dan kebijakan. Jika buku digunakan sebagai buku ajar di bidang Teknik Industri maka buku ini ditujukan kepada mata kuliah pemodelan sistem atau mata kuliah lain yang merupakan dasar tentang meningkatkan kinerja dengan bantuan model. Sebagai buku konsep, maka jika ada unsur praktikum dalam perkuliahan, maka buku ini sebaiknya didampingi oleh modul praktikum dan buku manual dari aplikasi yang digunakan. Ada satu bagian khusus yang ditujukan kepada mahasiswa Teknik Industri tentang letak pemodelan sistem dalam keilmuan mereka dan dalam Industri 4.0.


Buku ini disusun menjadi delapan bagian, dimulai dengan penegasan ulang bahwa sebuah model memang dibuat untuk mendukung pengambilan keputusan. Kemudian eksplorasi terhadap berbagai pendekatan pemodelan karena setiap keputusan akan membutuhkan dukungan pendekatan pemodelan yang harus sesuai dengan kebutuhannya. Beberapa bagian berikutnya adalah mengacu kepada empat langkah umum dalam metodologi pemodelan yaitu konseptualisasi sistem, pengembangan model, validasi model dan penggunaan model. Di bagian terakhir akan dibahas pula tren masa depan dari pemodelan sistem dari sisi teknologi perangkat keras dan lunak, maupun perkembangan cara memahami sistem sebagai sebuah hal yang perlu dilihat secara integratif namun multidimensional.

Buku – Buku UI Publishing dapat di peroleh Gramedia dan toko toko buku lainnya

dapat pula di beli secara online di berbagai market place

Keterangan lebih lanjut mengenai buku dan penerbitan buku ber ISBN di UI Publishing dapat menghubungi UI Publishing di

email : desain@uipublishing.com

WA : 0818436500

Untuk menghubungi via WA dapat langsung klik link dibawah ini

wa.me/62818436500

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *