Meretas Batas Ilmu Perjalanan Intelektual Guru Besar Sains Teknologi (Jilid 1)

SEGERA TERBIT

Meretas Batas Ilmu Perjalanan Intelektual Guru Besar Sains Teknologi (Jilid 1)

Ukuran Buku : 17,6 x 25 cm;

Jumlah Halaman : xii, 306 Halaman

Perkiraan Harga Jual : Rp. 172.000

Setiap perjalanan memiliki keunikan dan tantangan masing-masing. Dari dua belas perjalanan dalam buku ini, kita dapat belajar mengenai bagaimana mereka mengatasi keraguan maupun aral yang mengadang. Kita dapat meneladani ketekunan dan keuletan para guru besar dalam mempelajari dan mempraktikkan ilmu di area kepakaran masing-masing. Dapat pula kita lihat bahwa setelah jabatan fungsional tertinggi sebagai akademisi tidak membuat pemelajaran selesai. Menjadi lifelong learner merupakan tanggung jawab setiap akademisi. Selain itu, dapat pula kita lihat bagaimana para guru besar ini melakoni peran mereka tidak hanya sebagai ilmuwan dan inventor, melainkan juga sebagai guru dan mentor bagi generasi berikutnya.

Kisah ini dimulai dengan bagaimana seseorang memilih atau terpaksa memilih satu bidang/disiplin ilmu, apa yang melatarbelakanginya, siapakah influencer yang paling memberi warna pada pemilihan ini, tahapan apa sajakah —jika ada—yang dilaluinya, termasuk kegagalan dan keberhasilan di tiap tahapan. Tentu pada setiap bagian akan terlihat seperti apa pengembangan keilmuan yang dijalani oleh seorang Guru Besar beserta tantangan yang dialaminya. Intinya, Guru Besar pada dasarnya adalah manusia biasa yang kehidupannya diwarnai oleh berbagai permasalahan, tantangan, keindahan, kesempatan, kesedihan dan kegembiraan, seperti halnya orang pada umumnya.


Dalam dua belas kisah di buku ini juga tercermin rasa kecintaan terhadap bangsa, dan terhadap Universitas Indonesia. Para guru besar ini memilih untuk menjadi akademisi, bahkan di saat banyak dari mereka sebenarnya mendapatkan tawaran untuk membangun karier korporat yang secara finansial terlihat lebih menjanjikan. Namun kecintaan terhadap ilmu dan Universitas Indonesia memanggil mereka untuk bekerja sebagai ilmuwan dan akademisi.


Rumpun sains dan teknologi merupakan salah satu garda Universitas Indonesia dalam penemuan (discovery), inovasi, dan invensi. Kemajuan sains dan teknologi tidak hanya bermanfaat dalam literatur keilmuan, melainkan juga menjadi solusi atas permasalahan dan salah satu parameter kemajuan bangsa. Dengan demikian, menelurkan karya yang baik secara kuantitas maupun kualitas menjadi tanggung jawab setiap ilmuwan sains dan teknologi di Universitas Indonesia. Hasil riset para peneliti Universitas Indonesia seyogianya berdampak secara akademis, ditunjukkan misalnya melalui sitasi yang tinggi, dan secara praktis, misalnya digunakan oleh industri atau pembuat kebijakan.

Buku – Buku UI Publishing dapat di peroleh Gramedia dan toko toko buku lainnya

dapat pula di beli secara online di berbagai market place

Keterangan lebih lanjut mengenai buku dan penerbitan buku ber ISBN di UI Publishing dapat menghubungi UI Publishing di

email : desain@uipublishing.com

WA : 0818436500

Untuk menghubungi via WA dapat langsung klik link dibawah ini

wa.me/62818436500

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *