Risiko Bencana Alam terhadap Lingkungan Hidup

SEGERA TERBIT

Risiko Bencana Alam terhadap Lingkungan Hidup

Penulis : Dwi Nowo Martono

Ukuran Buku : 15,5x23cm, ix dan 121 halaman

PERKIRAAN HARGA : Rp. 72.000

Buku ini juga menjelaskan berbagai teori terjadinya bencana, tingkat kerentanan kawasan terhadap bencana alam dan risikonya bagi manusia. Selain itu dibahas berbagai kasus dan hasil penelitian terkait dengan bencana alam yang rentan dan telah terjadi pada suatu kawasan. Diharapkan dengan pemahan awal tentang lingkungan dan kaitannya dengan bencana alam maka para pembaca dapat mengetahui bagaimana seharusnya mengelola bencana alam, baik sebelum, saat terjadi sampai pasca terjadi bencana.

Dalam buku ini hanya akan dibahas terkait tentang bencana alam dan dampaknya terhadap lingkungan hidup. Artinya tidak membahas seluruh kejadian bencana alam tetapi hanya membahas gejala-gejala alam dari komponen lingkungan geofisik yang menimbulkan risiko dan bahaya terhadap kehidupan manusia, seperti bencana akibat erupsi gunung api, gempa bumi, longsor lahan, taifun, banjir, tsunami yang sering terjadi di alam dan menimbulkan kerugian besar.

Tujuan tulisan ini untuk mengenalkan kepada pembaca tentang jenis-jenis bencana alam, mengetahui dan memahami risikonya ter-hadap lingkungan fisik serta risiko kegiatan pembangunan terhadap kemungkinan timbulnya bencana.


Sistimatika penulisan adalah sebagai berikut: setelah pendahu-luan akan dikemukakan klasifikasi bencana alam dan jenis bencana alam akibat proses geomorfik. Atas dasar jenis-jenis bencana alam yang diakibatkan oleh proses geomorfik, kemudian akan diuraikan risikonya terhadap lingkungan geofisik. Kegiatan pembangunan fisik sering mengawali terjadinya bencana alam, hal ini juga akan diuraikan pada bagian selanjutnya dan tulisan ini akan diakhiri dengan uraian tentang manajemen pengelolaan bencana alam.

Buku – Buku UI Publishing dapat di peroleh Gramedia dan toko toko buku lainnya

dapat pula di beli secara online di berbagai market place

Keterangan lebih lanjut mengenai buku dan penerbitan buku ber ISBN di UI Publishing dapat menghubungi UI Publishing di

email : desain@uipublishing.com

WA : 0818436500

Untuk menghubungi via WA dapat langsung klik link dibawah ini

wa.me/62818436500

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *