Pencitraan Foto Polos Sinar X Torakoabdominal Kelainan Bedah Anak

Segera Terbit!!!!

Pencitraan Foto Polos Sinar X Torakoabdominal: Kelainan
Bedah Anak
Cetakan I, 2023
Penulis Prof. Dr. dr. Darmawan Kartono, Sp.B, Sp.BA(K)

Buku kecil ini didorong oleh pemikiran dan pengalaman di dalam membimbing diskusi/tutorial atau konsultasi kasus bedah anak yang akhirnya mencetuskan ide untuk menerbitkan koleksi foto sebagai buku ajar untuk pembelajaran bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran, residen dari Ilmu Bedah, Ilmu Kesehatan Anak, dan Ilmu Radiologi Anak.

Pemeriksaan radiologi dalam penanganan kasus bedah anak sangat diperlukan. Diagnosis harus benar menunjang diagnosis kelainan bedah agar penanganan bedah selanjutnya dapat dikerjakan dengan benar sehingga dicapai hasil sesuai yang diharapkan. Diagnosis prabedah sesuai penemuan dalam pembedahan dan selanjutnya dikerjakan dengan benar. Masih bisa dibenarkan, diagnosis pasti prabedah belum bisa ditegakkan, tetapi diagnosis diferensial sudah disusun. Hal ini bisa dibenarkan karena gambaran foto yang sama bisa disebabkan oleh kelainan bedah yang berbeda.

Untuk mencapai hal di atas, sangat diperlukan kemampuan membaca foto. Tulisan berikut berisi uraian tentang anatomi torakoabdominal, cairan tubuh total, kelainan bedah anak yang menyangkut proses obstruksi saluran gastrointestinal (SGI), proses strangulasi, dan proses inflamasi. Pengetahuan seperti di atas mutlak diperlukan untuk mempermudah penegakan diagnosis radiologi. Untuk mempermudah memahami uraian, penulis menyertakan gambar sketsa dan contoh-contoh kasus dari koleksi foto polos kasus kelainan bedah anak yang dibuat dalam kurun waktu penulis menjalani profesi Spesialis Bedah Anak Konsultan (Sp.BA(K)), sekitar 50 tahun. Sebagian besar foto dibuat di Subdivisi Radiologi Ilmu Kesehatan Anak, Bagian Ilmu Radiologi FKUI-RSCM Jakarta, dan beberapa foto didapatkan dari rumah sakit swasta tempat penulis bekerja. Sebagian foto berasal dari koleksi sejawat lain atau hasil konsultasi. Pembicaraan tentang terapi bedah tidak diulas secara rinci.

 

Pencitraan Foto Polos Sinar X Torakoabdominal Kelainan Bedah Anak

 

About the Author: UI Publishing

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *