Kompleksitas Produk Manufaktur Upaya Menuju Human-less Process

Kompleksitas Produk Manufaktur Upaya Menuju Human-less Process

Penulis : Hendri Dwi Saptioratri Budiono

Menurut Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian, salah satu tujuan industrialisasi Indonesia adalah agar negara berperan sebagai pilar dan penggerak perekonomian nasional. Pembangunan industri diarahkan untuk mewujudkan industri berdaya saing yang terpelihara secara terpadu dan berkelanjutan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat


Kompleksitas merupakan manajemen atau pengelolaan dari beberapa informasi yang terhubung dengan produk secara fisik dan secara proses. Tantangan dunia; manufaktur mendorong pelaku yang harus sensitif terhadap kecepatan menghasiikan produk, biaya produk iyang murah, peningkatan kualitas produk yang tinggi, kehandalan fungsi, maka penulis mengangkat judul ; “kompleksitas produk Manufaktur menuju Humas-iess; Process” sebagai judul buku Pidato Pengukuhan Guru; Besar Dalam Bidang Teknik Kompleksitas Produk ; Manufaktur pada Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Human-less disini diartikan pengurangan terhadap ; keterlibatan manusia.


Buku inii merupakan rangkuman teon kompleksitas dan penelitian-penelitian terkait yang telah dilakukan termask implementasinya pada berbagai bidang, antara lain: ; kompleksitas proses identifikasi fitur geometri suatu; rancangan produk, proses pemesinan, proses casting, jasa pelayanan kendaraan otomotif, kompleksitas proses Isangrai biji kopi, serta apiikasinya di Industri. Dalam buku I ini juga disampaikan hal berkait dengan tantangan dunia manufaktur; ikedepan; idengan; ;berkembangannya teknologi baru yang merubah pandangan bahwa kedepannya ma kin rumitnya suatu disain produk tidak akan berdampak kepada kerumitan proses manufakturnya.

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *