Buku Ajar Gizi dan Penyakit

Segera Terbit

Buku Ajar Gizi dan Penyakit

Penulis : Mustakim, SKM, MKM

Buku Ajar Gizi dan Penyakit ini berisikan macam-macam penyakit dengan upaya-upaya pengendalian permasalahan gizi tersebut. Buku ajar ini juga berisi aspek gizi dalam menanggulangi berbagai masalah kesehatan yang sering dijumpai dalam sehari-hari akibat kekurangan zat gizi makro dan mikro, penanggulangan gizi yang berlebih (obesitas), anemia, kekurangan vitamin A (KVA), dislipidemia yang terdiri dari penyakit jantung koroner (PJK) dan stroke, penyakit hati dan ginjal, gangguan akibat kekurangan yodium (GAKY), dan diabetes mellitus (DM), serta pengendalian diet yang dituangkan dalam beberapa bab dan sub bab tersendiri.

Penerapan hidup sehat sangat perlu diperhatikan untuk para penderita obesitas. Sebab jika para penderita mengabaikan beberapa cara untuk mengurangi kadar lemak dalam tubuh dapat menyebabkan masalah kesehatan pada tubuh mereka menjadi lebih buruk atau bahkan dapat menyebabkan komplikasi. Sehingga perlu ketekunan yang tinggi untuk dapat mencapai kualitas hidup yang lebih ideal.

Anemia Defisiensi besi adalah anemia yang timbul akibat berkurangnya penyed iaan besi untuk eritropoesis, karena cadangan besi kosong (depleted iron store) yang pada akhirnya mengakibatkan pembentukanhemoglobin berkurang. Kurangnya besi berakibat pada kurangnya pasokansel darah merah yang ada dalam tubuh, sehingga dapat menimbulkan berbagai gangguan klinik serta kelainan. Wanita lebih rentan terkena anemia defisiensi besi karena kebutuhan akanzat besi yang lebih banyak daripada pria. Wanita mengalami menstruasiyang mengakibatkan darah menghilang rata-rata 20 mg zat besi tiap bulannya, bahkan ada yang mencapai 58 mg. Pada ibu hamil, memberikannutrisi pada fetus, sehingga jumlah Fe berkurang. Terlebih lagi bagi ibumelahirkan yang mengeluarkan banyak darah, sehingga asupan Fe perluditambah untuk mengurangi resiko melahirkan Bayi dengan Berat LahirRendah (BBLR).


Dampak yang timbul dari anemia defisiensi besi bagi remaja putri dan ibuhamil dapat menakibatkan penurunan aktifitas fisik, pucat dan lemas dangangguan kesehatan serta berbagai kelainan. Pada ibu hamil dapatmengakibatkan bayi lahir dengan berat badan dibawah normal bahkandapat meningkatkan angka kematian bayi dan ibu atau salah satudiantaranya saat proses persalinan. Namun, hal tersebut dapat dicegah dandihindari dengan mengatur pola makan yang seimbang, mencukupikebutuhan Fe dengan tablet besi (Fe) ataupun tablet penambah darah.

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *