Bunga Rampai Penelitian Lingkungan Indonesia: Ringkasan Disertasi Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan

Segera Terbit

Bunga Rampai Penelitian Lingkungan Indonesia: Ringkasan Disertasi Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan

Tim Penyusun:

  1. Dr. dr. Tri Edhi Budhi Soesilo, M.Si
  2. Dr. Dony Abdul Chalid, S.E., M.M
  3. Dr. Hayati Sari Hasibuan, S.T., M.T
  4. Dr. Evi Frimawaty, S.Pt., M.Si
  5. Esti Suyanti, M.Pd
  6. Yenne Aria Adhi Karai, M.M
  7. Mochamad Fahry, S.Si
  8. Anggita Priliyani Putri, S.Hum
  9. Ridki Dian Fitriani

Perkiraan Harga Jual : Rp. 298.000

Sekarang ilmu lingkungan adalah ilmu yang dianggap dapat menangani beragam masalah besar seputar lingkungan. Masalah tersebut yang sudah menjadi berita sehari-hari dan mencakup ledakan penduduk, krisis perekonomian dunia karena sumber daya alam menipis, segala jenis pencemaran, serta hilangnya harapan masyarakat dan tidak stabilnya kondisi politik.
Ilmu lingkungan moderen bertujuan membantu kita mengendalikan tindakan yang kita ambil di dunia ini untuk mencegah terjadinya kerusakan yang tidak dapat diperbaiki lagi; dalam pengertian ini, ilmu lingkungan hidup adalah penbelajaran untuk meningkatkan kemampuan kita mengendalikan diri.
Ilmu lingkungan yang merupakan kajian tentang bagaimana manusia mempengaruhi dan terpengaruh oleh lingkunga mereka, banyak mendapat dukungan dari para penulis; mereka mengingatkan bahwa kita bukan saja mengubah bumi tetapi juga membuatnya tidak layak dihuni amnusia.

Layaknya banyak disiplin ilmu modern, ilmu lingkungan merupakan panduan sejumlah subyek akademik. Ilmu ini mengandalkan geologi dan meteorologi untuk menjelaskan sifat fisik dunia yang kita tempati. Untuk memahami kerja manusia jika berkelompok atau sendiri-sendiri, ilmu lingkungan memanfaatkan ilmu politik, demografi, antropologi, arkeologi, ekonomi dan psikologi. Dan yang terakhir, ilmu lingkungan emncoba memasukkan informasi ini ke dalam kerangka ekologi yang merupakan kajian bilogi tentang cara makhluk hidup berinteraksi dengan lingkungannya.

Buku ini disusun sebagai salah satu upaya Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan untuk turut berkontribusi membangun lingkungan Indonesia melalui penelitian-penelitian oleh mahasiswa yang diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk pengelolaan maupun pemberdayaan lingkungan di masa yang akan datang. Ilmu lingkungan sebagai sebuah program studi yang sesuai dengan misi Universitas Indonesia menjadi universitas yang berbasis riset kelas dunia. Buku ini disusun berlandaskan pada pengelompokan SDGs, yang terdiri dari: (1) menghapus kemiskinan, (2) mengakhiri kelaparan, (3) kesehatan yang baik dan kesejahteraan, (4) pendidikan bermutu, (5) kesetaraan gender, (6) akses air bersih dan sanitasi, (7) energi bersih dan terjangkau, (8) pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, (9) infrastruktur, industri, dan inovasi, (10) mengurangi ketimpangan, (11) kota dan komunitas yang berkelanjutan, (12) konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, (13) penanganan perubahan iklim, (14) menjaga ekosistem laut, (15) menjaga ekosistem darat, (16) perdamaian, keadilan, dan kelembagaan yang kuat, (17) kemitraan untuk mencapai tujuan.


Tujuan dibuatnya buku ini yaitu untuk memberikan gambaran kepada pembaca mengenai penelitian-penelitian yang terdapat di Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan, oleh sebab itu kami berharap buku ini dapat menjadi referensi dalam menyelesaikan permasalahan lingkungan di Indonesia.

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *