Kumpulan Policy Brief Universitas Indonesia Untuk Presidensi G20 Indonesia 2022

SEGERA TERBIT

Kumpulan Policy Brief Universitas Indonesia Untuk Presidensi G20 Indonesia 2022

Editor:
Prof. Evi Fitriani, Ph.D.
Prof. Mohammed Ali Berawi, S.T., M.Eng.Sc., Ph.D. Dr. Idwan Suhardi
Penanggung Jawab:
Munawar Khalil, S.Si., M.Eng.Sc., Ph.D.
drg. Masita Mandasari. Ph.D. Sp.PM
Dr. Andriansjah, S.Si., M.Biomed.

PERKIRAAN HARGA JUAL : Rp. 450.000,-

ada tahun 2022 ini, Indonesia mendapat kehormatan untuk dipercaya menjadi presiden pada rangkaian kegiatan Forum Group of 20 (G20). G20 merupakan forum kerja sama internasional yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa (EU) untuk membahas isu-isu global yang strategis, khususnya di bidang ekonomi dan pembangunan berkelanjutan. Sebagai tuan rumah, Indonesia memiliki peran strategis untuk memimpin dan menentukan agenda dan topik prioritas yang akan dibahas berbagai rangkaian pertemuan dalam Forum G20. Oleh karenanya, pemerintah Indonesia mengusung semangat pulih bersama dengan tema “Recover Together, Recover Stronger” dalam rangkaian pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Tema ini dipilih berdasarkan pertimbangan bahwa pentingnya upaya bersama yang inklusif dari seluruh komunitas global dalam mencari solusi untuk pemulihan berbagai kondisi krisis, terutama akibat pandemi COVID-19 dan perubahan iklim. Sehingga, Indonesia berfokus pada tiga sektor prioritas yang dinilai menjadi kunci bagi pemulihan yang kuat dan berkelanjutan, yaitu: arsitektur kesehatan global, transformasi ekonomi berbasis digital, dan transisi energi.

Penyusunan buku ini merupakan perwujudan komitmen dan bentuk kontribusi nyata Universitas Indonesia (UI) sebagai mitra pemerintah Indonesia untuk ikut serta menyukseskan rangkaian kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 2022. Sebagai universitas terbaik di Indonesia, UI mempunyai peran strategis untuk ikut serta menyumbangkan pemikiran ilmiah dalam bentuk Policy Brief sebagai salah satu solusi alternatif untuk menyelesaikan berbagai isu global yang menjadi topik utama dalam perhelatan KTT G20 2022.


Sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia, Universitas Indonesia (UI) dipercaya oleh pemerintah Indonesia menjadi mitra pemerintah untuk turut serta mendukung peran Indonesia sebagai presiden G20 dan menyukseskan seluruh rangkaian perhelatan KTT G20 2022. Dengan kapasitas, kapabilitas, dan sumber daya intelektual yang dimiliki, UI telah memainkan peran strategis dalam menyelenggarakan berbagai diskusi dan dialog dalam berbagai pertemuan ilmiah untuk berpartisipasi dalam pembahasan isu-isu strategis yang diangkat pada Presidensi G20 Indonesia. Melalui kegiatan UI International Conference on G20 “Boosting Indonesia’s Role in Strategic Issues for G20 Presidency” yang diselenggarakan pada 15-16 Juni 2022, UI telah untuk advokator untuk mengedepankan peran ilmu pengetahuan sebagai basis dalam pengambilan kebijakan oleh para pemimpin dunia, khususnya negara anggota G20 dalam pemecahan isu global. Sehingga, kami berharap “Kumpulan Policy Brief Universitas Indonesia untuk Presidensi G20 Indonesia 2022” ini dapat menjadi sumbangsih keilmuan dan kontribusi nyata UI sebagai mitra bagi pemerintah Indonesia dalam Presidensi G20 2022. Selain itu, kami juga berharap bahwa hasil pemikiran para peneliti, dosen, mahasiswa, dan segenap civitas akademika UI yang tertuang dalam Policy Brief ini juga bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia dan global.

Buku – Buku UI Publishing dapat di peroleh Gramedia dan toko toko buku lainnya

dapat pula di beli secara online di berbagai market place

Keterangan lebih lanjut mengenai buku dan penerbitan buku ber ISBN di UI Publishing dapat menghubungi UI Publishing di

email : desain@uipublishing.com

WA : 0818436500

Untuk menghubungi via WA dapat langsung klik link dibawah ini

wa.me/62818436500

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *